Fasilitas Menggunakan Mail Marge
Microsoft Word Dalam Membuat Surat Masal
Fungsi mail marge dalam Microsoft
word sangat membantu pengguna komputer untuk membuat surat edaran dengan jumlah
yang banyak tanpa harus mengetik satu per satu surat. Akan tetapi dengan fungsi
ini kita hanya perlu membuat satu template untuk semua surat dan membuat data
base yang akan di hubungkan dengan template surat.
Melanjutkan postingan sebelumnya tentang
fungsi dari mail merge pada ms word, pada postingan kali ini saya akan berbagi
tentang cara membuat surat masal dengan menggunakan fungsi mail merge pada
microsoft office word. Untuk membuat surat masal pada microsoft office word,
ikuti langkah-langkah berikut:
a. Buat template surat yang akan
dibuat surat masal.
b. Klik menu mailings pada menu bar,
selanjutnya pilih select recipient pada group start mail merge.
c. Pada popup menu, pilih Type New
List.
d. Selanjutnya akan muncul jendela
new address list, klik customize columns untuk menyesuaikan dengan kolom yang
anda buat.
e. Hapus data yang ada pada field
name, dan sisakan data sesuai dengan kebutuhan anda, kemudian ganti nama field
sesuai dengan data pada surat anda. Jika anda menghapus field name, usahakan dari bawah ke atas untuk memudahkan menghapus data field.
f. Selanjutnya klik
OK dan pilih OK lagi pada jendela new address list. kemudian anda akan dibawa pada folder dimana database anda akan disimpan. Kemudian beri nama data base
anda dan simpan.
g. langkah selanjutnya, buka folder dimana
database anda tersimpan. Database yang tersimpan biasanya mempunyai format
access.
h. Isi database anda sesuai yang anda inginkan dan simpan.
i. Selanjutnya buka lembar kerja ms word anda, dan klik
preview result untuk melihat hasilnya.
i. Klik anak panah kekanan atau kekiri pada preview result
untuk melihat surat masal dengan nama yang lain.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar